How To Start A Blog - Sharing Session With HBBV

Sharing Session with
Hijab Beauty Vlogger & Blogger
"How To Start A Blog"


Assalamualaikum Beauties
Selamat datang kembali di blog ku

Pada hari Minggu, 24 Maret 2019 lalu aku mengikuti kegiatan Sharing Session yang diselenggarakan oleh Komunitas Beauty yang bernama Hijab Beauty Blogger & Vlogger (HBBV) yang berlangsung online menggunakan whatsapp. Dengan Ririn Wulandari sebagai moderator dan Icha Amalia sebagai pemberi materi, sharing session yang bertema "How To Start A Blog" ini membahas tentang bagaimana kita memulai sebuah blog serta membuat blog kita rapih dan menarik. Agar pengunjung blog kita merasa tertarik dan nyaman saat membuka/membaca blog kita.
Disini aku akan sharing ilmu yang ku dapat dari sharing session itu, yaitu bagaimana cara mengatur tampilan blog kita.
.
.
.
Sebelum nya untuk aktif di blog, tentu kita harus memiliki blog terlebih dahulu.
How to Start A Blog? Ada beberapa steps, yaitu:
1. Daftar; memlih platform, menentukan alamat blog dan niche.
2. Setting dan customize blog.
3. Menulis dan publikasi konten.
4. Mempromosikan dan optimasi konten/blog.

Nah, para kesempatan ini kami membahas tentang setting dan customize layout.
Layout adalah bagian mendasar dari sebuah blog, pilihan template yang mungkin sama, tapi jika tata letak, font, dan header beda maka akan terlihat berbeda. Bahkan layout juga dapat menjadi salah satu ciri khas blogger selain isi konten dan cara menulisnya. Tampilan yang menarik dan enak dilihat pasti akan bikin pengunjung betah baca tulisan di dalamnya.

Sebelum masuk ke bahasan layout/desain blog, ada bagian bagian blog dan element nya yang harus kita ketahui. Bagian-bagian blog yang utama ada Header, Body, Sidebar, Footer.

photo by Icha


Ada beberapa elemen yang sebaiknya ada di setiap blog. Apa saja? About page, Contact page, Menu/navigasi, Search box.

photo by Icha

Keterangan:

About Page atau halaman tentang penulis supaya pembaca tau siapa orang dibalik konten yang sedang mereka baca. Di sini kamu bisa tulis cerita singkat tentang diria mu.
Contact Page diperlukan supaya pembaca tau bagaimana cara menghubungi penulis. Yang harus dicantumkan di contact page itu email aktif. Boleh juga menulis kontak lain jika berkenan.
Menu/navigasi dibuat supaya mempermudah pembaca untuk menjelajahi blogmu. Minimal buatlah kategori. Untuk beauty blog, misalnya buat menu khusus skincare, makeup, body care dll. Atau menu khusus review, makeup tutorial, haul, dll.
Search box ini baiknya tetap ada walau fungsinya sama seperti navigasi. Karena kadang ada tulisan yang tidak masuk ke dalam kategori yang sudah ada di navigasi. Jadi lewat search box ini pembaca dapat menelusuri blogmu lewat kata.

Apa saja yang harus diperhatikan untuk tampilan/layout blog?
1. Tema/Template
2. Kombinasi warna
3. Pilihan background
4. Font
5. Header

Layout ini penting karena akan jadi first impression bagi pengunjung blog sebelum mereka baca tulisan kalian. Kika layout berantakan kemungkinan pengunjung akan merasa tidak nyaman dan jadi malas membaca tulisanmu.
Apa saja yang harus di perhatikan? ...
1. Sebaiknya pilih template yang ringan, mudah dioperasikan (user-friendly), responsive dan compatible dengan banyak browser.
2. Pilih template yang tidak terlalu ramai dengan background warna netral. disarankan untuk menggunakan warna putih. dan sebaiknya hindari warna-warna stabilo dan warna lain yang terlalu terang/terlalu gelap.
3. Usahakan untuk tidak menggunakan background berupa gambar/foto agar blog tidak “berat” dan agar loading blog lebih cepat.
4. Gunakan font Serif/Sans Serif supaya mudah dibaca dan hindari font script/cursive. Rekomendasi font akan dibahas nanti.
5. Tambahkan header berupa tulisan/gambar. Kalo pakai gambar sebaiknya ukuran tinggi maksimal 200 px. Usahakan gambar/foto yang ukurannya kecil dan menggambarkan tentang blogmu.

Mengganti Template
Dalam sesi sharing session ini, kami di beritahu bagaimana cara mengganti template baru yang kita download sendiri (bukan template default).
Sebelum itu, kita juga diberi rekomendasi website untuk mendapatkan template blog gratis, diantara nya :
https://gooyaabitemplates.com/
https://btemplates.com/blogger-templates/responsive/
http://www.beautytemplates.com/blogger-templates/
https://www.themexpose.com/

Cara mendapatkan template blog dari website :
1. Download template yang kamu mau.
2. Template yang kamu download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR.
3. Kalo di pc/laptopmu belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Carilah di google.
4. Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK
5. Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kamu upload ke blog.

Cara Mengupload / Mengganti Template :
1. Ke Dashboard > Pilih Tema
2. Klik Backup/Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas
3. Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya
4. Klik Pilih File > pilih file template yang akan digunakan > Upload
5. Kembali ke halaman utama Tema > pilih bagian seluler > Klik Roda/Gear warna abu
6. Muncul pop out pengaturan > Pilih Tidak
7. Simpan
    Setelah mengganti template biasanya tata letak blog akan jadi berantakan
8. Kamu bisa sesuaikan lagi dengan masuk ke tab Tata Leak
9. Atur sesukamu lalu Klik Simpan Setelan (tombol oranye di bagian kanan atas).

photo by Icha

Desainer Tema Blogger kamu nggak cuma bisa ganti/pilih font saja tapi juga bisa resize ukuran sidebar, pilih warna background, warna elemen lain dll tanpa harus otak-atik html. 

Caranya: 

1. masuk ke Dashboard > pilih Tema > 
2. klik tombol oranye “sesuaikan” > otomatis redirect ke Desainer Tema Blogger.

photo by Icha

Kita juga bisa mengatur design template sesuai keinginan kita dengan memanfaatkan menu Desainer Tema pada Tata Letak.
Ini adalah tampilan Menu Desainer Tema Blog

photo by Icha

Cara setting header: 
 1. Masuk ke Dashboard > Pilih Tata Letak
2. Klik Gadget Header Halaman
3. Muncul pop out window Mengonfigurasi Header > Pilih file gambar header yang may dipakai
4. Pilih opsi “selain judul dan keterangan”
5. Klik Simpan > pop out window akan tertutup > Klik Simpan Setelan

photo by Icha

Rekomendasi Font
Bagian ini akan membahas tenting font apa saja yang sebaik nya di gunakan untuk menulis blog gan font apa saja yang sebaik nya dihindari dalam menulis blog.

1. Cukup gunakan 2 jenis font. 1 font untuk bagian judul dan 1 font untuk bagian body.
Body = bagian isi konten
2.  Kombinasikan antara font Serif dan Sans Serif. Serif itu font yang punya ekor/garis kecil di ujungnya. Contoh: Times New Roman, Georgia, Bell MT.

contoh font serif
Kalo Sans Serif, sebaliknya. Dia ini tipe font yang tidak memiliki ekor/garis kecil. Contohnya: Calibri, Verdana, Arial.
perbedaan serif dan sans serif
Katanya sih untuk media cetak lebih baik untuk pakai font serif sedangkan media online lebih baik pakai font sans serif.
Di atas sempat dibahas untuk hindari pakai font Script & Cursive. Nah, font Script & Cursive ini tipe font yang hurufnya mirip tulisan tangan. Contohnya: Curlz MT, Freestyle Script, Gigi. Mungkin ini bagus untuk desain, tapi untuk media online seperti blog, akan sulit untuk dibaca.

contoh font scrip
3. Kombinasikan ukuran font. Buat ukuran yang berbeda untuk bagian judul dan isi konten. Untuk font konten bisa pilih ukuran 12-14 px dan font judul sekitar 20 px. Ukuran ini tidak baku, kamu bisa variasikan sesuai dengan templatemu.

4. Sesuaikan warna font dengan warna background. Kombinasikan warna font gelap dengan background terang. Untuk background berwarna putih, selain warna fort hitam (#000000) juga bisa pilih warna abu-abu tua (#7f7f7f) atau biru tua (#4f4f79). Pilihan font bawaan dari blogspot banyak sekali. Kamu bisa pilih di Desainer Tema Blogger.


Itulah pembahasan dari Icha Amalia yang aku pelajari. Alhamdulillah dengan sharing session ini, aku bisa belajar bagaimana cara mengatur blog agar rapid dan menarik. Semoga tulisan ini juga dapat membantu teman teman yang sedang membangun blog :)

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca blog aku.
Semoga bermanfaat,

Assalamualaikum.

Komentar

  1. Bermanfaat ya sharring sessionnya. Aku jadi bisa juga ganti template.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer